PSSI Tanggapi Protes Persipura Terkait ‘Tiket’ Piala AFC 2021 untuk Persija

Jackpot hari ini Result SGP 2020 – 2021.

Bola. net awut-awutan Protes yang dilayangkan Persipura Jayapura atas penunjukkan Persija Jakarta sebagai salah satu wakil Indonesia di Piala AFC 2021 ditanggapi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi. Protes tersebut disebutnya sudah dilaporkan ke AFC.

Wajar saja jika Persipura mempertanyakan putusan PSSI dengan memilih Persija. Sebab, penunjukkan tim Ibu Kota melenceng dari Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Perkara 9 tentang Sporting Criteria .

Dalam aturan tersebut tidak disebutkan jika runner-up Piala Pribumi atau Piala Indonesia berhak jiplak bagian di Piala AFC. Pada situ juga dijelaskan bahwa preferensi utamanya adalah kampiun kompetisi (Liga 1), kemudian juara Piala Domestik, runner-up Liga 1, dan situasi tiga Liga 1.

Sedangkan Persija hanya berstatus sebagai runner-up Piala Indonesia 2018/19. Tim kesayangan The Jakmania itu ditunjuk PSSI menggantikan pendekar di ajang tersebut, PSM Makassar yang tak bisa tampil dalam Piala AFC 2021 lantaran tidak mengantungi lisensi klub profesional AFC 2020.

Nah jika merujuk pada Entry Manual for AFC Club Competition 2021 Pasal 9 tentang Sporting Criteria , maka dengan berhak tampil di Piala AFC tahun depan adalah Persipura. Pokok, Mutiara Hitam menempati peringkat ke-3 klasemen Liga 1 2019, & runner-upnya, Persebaya Surabaya tak sanggup bermain karena alasan yang sebanding dengan PSM.

“Soal protes dari Persipura juga sudah kami sampaikan ke AFC. Jadi sekarang kami tinggal menunggu penentuan dari AFC, ” ujar Yunus, saat dihubungi kuli.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters